Editorial
23 June 2022

Pentingnya Pendidikan Anak dan Jenis Pendidikan yang Bisa Ditempuh



Pendidikan bertujuan untuk membantu anak di masa depan agar menjalani hidup yang lebih baik. Untuk itulah, setiap orang tua perlu memahami pentingnya pendidikan anak.

Selain pemahaman ini, orang tua juga perlu tahu jenis pendidikan anak. Pengetahuan ini bisa membuat anak menyerap berbagai ilmu dan wawasan dari berbagai sumber yang ada.

Kenapa Pendidikan Penting?

pentingnya pendidikan

Ada cukup banyak alasan yang menunjukkan pentingnya pendidikan. Berikut ini adalah alasan yang paling klasik di antara lainnya:

  • Pendidikan bisa membantu meningkatkan kemampuan komunikasi anak. Mulai dari membaca, menulis, berbicara, dan juga mendengarkan.
  • Anak yang bersekolah mendapat kesempatan untuk mengembangkan cara berpikir kritis. Ini akan membantu mereka menggunakan logika saat membuat keputusan di masa depan.
  • Dengan menempuh pendidikan, maka anak bisa memenuhi kriteria dasar saat mencari pekerjaan nantinya. Semakin tinggi pendidikan kemungkinan besar pekerjaan yang didapat juga semakin baik.
  • Pendidikan membantu anak perempuan menunjukkan kemampuan dan kualitas tanpa memkamung gender.
  • Menurut UNESCO, bayi yang lahir dari ibu yang bisa membaca punya 50% kesempatan hidup lebih besar untuk melewati usia 5 tahun. Jadi, pendidikan bisa mengurangi kematian pada anak.

 

Jenis-Jenis Pendidikan untuk Anak

jenis-jenis pendidikan

Ada 3 kategori atau jenis pendidikan anak yang bisa orang tua pertimbangkan. Ketiganya saling mendukung dan melengkapi untuk mengembangkan skill anak di masa depan.

1. Pendidikan Formal

Ini adalah tempat sekolah formal yang mengajarkan anak kemampuan dasar seperti membaca dan menulis. Biasanya dimulai dari SD, SMP, hingga universitas.

Di Indonesia sendiri, jenis pendidikan ini bisa dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Terdapat aturan dan kurikulum yang perlu dipatuhi.

2. Pendidikan Informal

Pada kategori ini, anak bisa belajar dari mana saja. Mulai dari rumah, lingkungan sekitar, perpustakaan, komunitas, internet, dan lain sebagainya.

Kategori ini tidak terencana layaknya pendidikan formal. Tidak ada kurikulum yang pasti dan merupakan bentuk alami dari pendidikan.

3. Pendidikan Nonformal

Jenis pendidikan anak yang satu ini memiliki kualitas yang mirip dengan pendidikan formal dan informal. Ada timetable, implementasi secara sistemik, namun tidak terkait dengan sistem sekolah.

Tidak ada batasan usia dan fleksibel untuk masalah waktu serta kurikulumnya. Contoh mudahnya adalah lembaga kursus, pelatihan, dan lain sebagainya.

Mengingat pentingnya pendidikan anak, maka sebagai orang tua, Kamu perlu mempersiapkan diri untuk mendampingi mereka. Tak hanya masalah biaya, namun kamu juga harus sehat dan bugar.

Sebagai salah satu pengendalian risiko kesehatan yang bisa mendukung pentingnya pendidikan anak, Kamu bisa melindunginya dengan Citra Proteksi Kesehatan Anak yang dihadirkan untuk melindungi kesehatannya berupa santunan harian rawat inap & ICU rumah sakit sekaligus menyiapkan dana bekal masa depannya dengan premi kembali s.d 110%.

Jangan tunggu nanti untuk melindunginya, yuk beri ia perlindungan terbaik dari sekarang!